Friday 26 October 2007
Cerita Lebaran 2007
Lebaran di luar negeri, tidak kalah serunya juga lho…senang bisa sama-sama berkumpul dengan orang-orang Indonesia pada saat Sholat Ied, open house ataupun halal bihalal. Sedihnya adalah tidak berkumpul dengan orang tua, keluarga dan saudara-saudara. Tapi insyaAllah semuanya ini bisa berlangsung dengan baik juga, kita juga dapat berkumpul dengan adek-adek dan teman-teman disini juga.

Tradisi hari raya Lebaran di Jerman ini juga dikemas sangat apik. Sholat Ied dilakukan bersama-sama di Mesjid, barengan juga dengan warga asing muslim lainnya. Selesai Sholat Ied kemudian kita saling bersalaman ketemu teman-teman Indonesia yang tidak hanya dari kota kita sendiri bahkan juga dari kota-kota lain terdekat datang juga.

Setelah sholat Ied, biasanya para keluarga Indonesia mengundang makan-makan (open house) adek-adek student dan juga keluarga lainnya. Saling bergantian jam. Dengan menu khas Lebaran ala Indonesia seperti Lontong, opor ayam, sambal goreng, gule kambing, dll tidak lupa juga kue kue dan minuman pendampingnya. Di hari lain juga biasanya diadakan open house halal bihalal baik di setiap pengajian kota, bahkan juga di kedutaan dan konjen.

Wah senangnya, ternyata lebaran di luar negeri gak kalah asiknya jugakan dan gak sepi. Kita juga banyak mendapatkan kenalan, teman-teman baru dari kota lain juga lhoo...

Sangat terasa hangat nuansa keagamaan dan keakraban di hari Lebaran ini.

Cuplikan foto Lebaran 2007 di Karlsruhe:

Suasana di Mesjid pagi hari sehabis Sholat Ied. Cuaca pagi hari masih mendung & udara cukup dingin, tidak mengurangi rasa kehangatan, keagamaan & persahabatan antar bangsa dalam merayakan Idul Fitri 1428 H.
Foto 12.Oktober 2007 jam 09.30


Foto bersama beberapa adek-adek student dan teman-teman
warga Karlsruhe.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home