Friday 15 June 2007
Shopping di Jerman
Jerman dengan banyak kotanya yang indah dan bangunan bersejarahnya yang seakan membawa kita kembali ke jaman klasik, mempunyai daya tarik tersendiri di Eropa. Kota-kota besar di Jerman seperti Berlin, München/Munich, Köln/Cologne sudah nggak asing lagi di telinga kita, apalagi bagi mereka yang memang suka berkelana. Berlin dengan Brandenbürgertor-nya, München dengan Rathaus-nya dan Köln dengan Kölnerdom-nya merupakan kota-kota yang jadi program wajib penyelenggara paket wisata Eropa di Indonesia.

Bagi mereka yang bergelar „Miss/Mr. Shopping“ pun Jerman punya kartu Joker yang tak kalah menariknya. Mulai dari Flohmarkt (lebih dikenal dengan istilah ‚pasar loak’), Factory Outlet, Pertokoan biasa/Mall sampai ke authorized boutique.

Flohmarkt (engl. Flea Market), atau dalam bahasa Indonya ‚pasar loak’ biasanya diadakan setiap hari Sabtu, baik rutin maupun berkala, dan biasanya ada di setiap kota-kota di Jerman. Banyak turis, baik yang domestik maupun dari luar negeri, sengaja datang untuk sekedar cuci mata atau memang mencari barang buruan mereka.

Ada Traditional-Flohmarkt, disini dijual barang-barang bekas, mulai dari barang antik, kebutuhan sehari-hari, pecah belah, hingga pakaian. Untuk pengoleksi barang antik, disinilah tempat paling oke untuk berburu, seperti radio dengan piringan hitamnya sampai dengan VW-Kodok antik. Untuk perlengkapan anak ada Kinder-Flohmarkt. Disini jual mulai dari perlengkapan bayi/anak, mainan, pakaian dan buku-buku. Flohmarkt, ada juga yang diadakan dalam rangka penggalangan dana untuk program-program sosial dan kemanusiaan.

Nah sekarang kita lanjut ke tujuan buat penggemar Factory Outlet (FO). FO-Center yang paling besar dan paling banyak dikunjungi adalah FO di Metzingen. Metzingen adalah salah satu kota kecil di Jerman Selatan, yang masuk dalam wilayah negara bagian Baden Württemberg, dengan jumlah penduduk sekitar 21.500. Daerahnya pun mudah dijangkau baik dengan kendaraan pribadi, kereta dan bus. Dengan jam buka Senin hingga Jumat, jam 10.00 – 20.00 dan Sabtu 09.00 – 20.00. Produk-produk yang dijual di Metzingen ini adalah keluaran designer dari artikel merk terkenal, dari kelas menengah seperti Esprit, S.Oliver, Tom Tailor sampai kelas papan atas seperti Hugo Boss, Bally, Joop, Escada, Marc O’ Polo, Tommy Hilfiger dan Burberry. Dari sejarahnya, yang punya FO pertama kali di situ adalah Hugo Boss, terus sekarang sudah puluhan jumlahnya dan akhirnya menjadi penyumbang terbesar dari pendapatan kota Metzingen.

Nah..buat yang ingin jalan-jalan ke Jerman, coba deh mampir jalan –jalan ke Flohmarkt dan coba juga main Factory Outlets yang ada disini. Oya, masih ada juga FO-Center yang lumayan besar di kota Zweibrücken, reportnya menyusul ya. Mulai sekarang siapin budget buat ini semua ya…Go Shopping J (Riana Iswahjudi)


2 Comments:

At 4 July 2007 at 10:15, Blogger Unknown said...

duuuhh... metzingen tambah rame aja ya? aku jadi ngayal bisa ke sana lagi. dulu aku sering mbak, krn deket bgt dr tempat kuliah di reutlingen :D

::YANTI::

 
At 27 September 2007 at 14:47, Blogger iwukgatut said...

wah cantiq deh ibu ini sama blog nya yo ayu tenan tandanya mempunyai cita rasa yang tinggi ha ha

 

Post a Comment

<< Home