Thursday 14 June 2007
Memulai Bisnis Untuk Bunda di Luar Negeri - 2
Tanpa Batas, Ruang dan Waktu
(*berdasarkan pengalaman pribadi)

Disini aku Cuma mau cerita...kalo kita ada niat, tekad dan n.e.k.a.d ...Bisa juga kok kita berkarya, berbisnis dan berteman secara jarak jauh dan dunia maya sekalipun. Kuncinya adalah “kepercayaan dan disiplin”. Nah, di tema ini aku mau kasih tahu apa itu yang dimaksud “Tanpa Batas, Ruang dan Waktu”. Tanpa Batas, batasan atau jarak bukan halangan untuk kita memulai suatu usaha/berbisnis. Kita berada dimanapun, Jerman atau dimana aja deh ya, bisa kok tetap menjalankan bisnis dari jarak jauh. Banyak seninya memang dan kadang juga banyak n.e.k.a.d nya, tapi kalo kita bisa mengikutinya baik dari sisi trend bisnis, misal apa sih yang lagi banyak diminati, siapa pasar kita dan apa produk kita, ternyata asik juga lho...modalnya cuma satu, yaitu punya rekening di Indo, ini dulu yang penting. Karena gak mungkin kan kalo kita harus selalu mengirim dan mentransfer uang antar benua begini. Ngebayang deh, besarnya biaya transfer bank antar benua, belum lagi selisih kursnya. Banyak sekarang bank yang menawarkan fasilitas internet banking. Nah fasilitas ini yang kita pakai, untuk memperlincah gerak kita, banyak manfaatnya kok, gak hanya untuk berbisnis aja, tapi juga bisa misalnya nih yaa untuk membayar asuransi di Indo atau mungkin juga membantu keluarga dll. Jangan lupa ya, yang aku bicarain disini adalah bisnisan di Indo lho ya, kaitannya dengan keberadaan kita di negeri orang. Tanpa batas ruang, maksudnya disini adalah untuk memulai sesuatu usaha/bisnis tanpa membutuhkan ruanganpun sekarang juga bisa kita ciptakan lho. Gak perlu sewa gedung, kantor dll, online shopping misalnya, ini salah satu contoh aja suatu bisnis tanpa ruang. Hanya membutuhkan media komputer dan internet. Sekarang ini lagi trendnya butik online atau apa aja deh namanya, dimana kita bisa berbisnis/jualan tanpa perlu stok barang, kalaupun harus stok barang, kalau skalanya gak terlalu besar, masih bisa kita taruh dirumah kita (bisa dengan memanfaatkan ruang kosong spt. paviliun, garasi atau mungkin hanya membutuhkan dapur, seperti menerima pesanan kue). Ada juga produk yang dijual secara MLM, ini malah kita gak perlu melakukan stok barang. Kita hanya membutuhkan modal katalog baik berupa katalog buku/katalog online, sudah bisa menawarkan/mempromosikan produk kita. Begitu ada pesanan dari teman-teman, kita bisa langsung mengordernya secara online juga dan barang langsung dikirim kerumah kita. Praktis kan ??? Salah satu contohnya adalah Dunia Cantik-nya Riana.

Nah sekarang...Tanpa waktu, kenapa tanpa batas waktu? Kita bisa melakukan pekerjaan/bisnisan kita kapan aja dan dimana aja. Tergantung bagaimana cara kita menerapkan kedisiplinan jam bekerja kita. Untuk bunda yang berbisnis/bekerja dari rumah atau istilah kerennya momtreprenuer, tentunya akan lebih banyak waktu yang dibutuhkan dan itu harus pintar dia bagi, antara urusan rumah tangganya, temasuk anak-anaknya dan juga pekerjaannya. Intinya harus disiplin dan konsekuen dalam pembagian waktu dan perhatian terhadap pekerjaan dan rumah tangganya. Yang notabene gak gampang ya..bekerja dirumah, sambil diselingi mengurusi rumah , menemani anak bermain atau mengerjakan pr, masak, cuci dll. Hal ini seperti merupakan suatu fenomena tersendiri, bukan trend. Sudah banyak dilakukan oleh para bunda di Indonesia, bunda yang ingin selalu dekat, mendampingi dan melihat perkembangan anaknya, tapi juga ingin berkarya dan berbisnis. Fenomena dari bunda bekerja di rumah (work at home mom) ini, mempunyai nilai yang sangat bagus sekali, karena makin lebih menunjukkan dan mengangkat nilai seorang ibu rumah tangga, dimana dia tidak hanya berkutat dengan urusan keseharaiannya berumah tangga, tapi juga bisa memunculkan dan menyalurkan ide/kreativitas/hobbynya ke arah yang lebih mempunyai nilai tambah.

Posisi kita yang berada di negeri orang, entah karena alasan mendampingi suami atau kita sendiri yang studi, bukan berarti kita tidak bisa berkarya, berbisnis atau menjalin pertemanan dengan Indo. Dengan melalui media komputer dan internet ini, banyak sekali yang bisa kita lakukan mulai dari berbisnis, bekerja ataupun sekedar bergaul yang tentunya ke arah yang lebih positif. Dan banyak cara juga untuk kita baik ibu rumah tangga maupun bekerja, untuk menambah wawasan kita bisa membaca artikel-artikel menarik dan juga mengikuti milis-milis yang berhubungan dengan minat kita. Milis (mailing list), sekarang ini banyak bermunculan dengan beragam tema, salah satu contoh milis yang baik untuk bunda yang ingin bekerja dirumah/memulai usaha atau untuk menambah penghasilan, adalah www.bundainbiz.com. Dari milis yang kita ikuti, kita bisa tahu trend bisnis apa sih yang sekarang ini, atau aku gak bisa bisnis tapi berminat membuka suatau usaha, apa ya ? gimana caranya ya? atau bagaimana lika liku bisnis rumahan itu ya, semuanya disharing dan disajikan secara apik disini.

Kalau kita ambil positifnya lagi, ini kan bisa juga menjadi salah satu alternatif modal dasar, kalo nantinya kita kembali ke tanah air. Mungkin kita yang tadinya gak ada minat dan bakat bisnis dari sini bisa mendapat suatu ide cemerlang, biasanya bisa dimulai dari pertanyaan simple ke diri kita sendiri: „Apa hobbyku dan bidang apa yang aku minati/suka“…dari sini bisa digali dulu untuk lebih tahu kemana arah kita. Kita juga bisa memupuk jaringan bisnis dan pertemanan. Buat hiburan kita, buat sambilan kita dan mungkin juga sangu pensiun kalo kembali ke tanah air. Insya Allah akan memudahkan kita untuk dapat lebih berkarya lagi.

Semoga bermanfaat untuk para bunda :-)


Labels:

0 Comments:

Post a Comment

<< Home