Thursday 11 September 2008
Acara Perpisahan Sekolah
Akhir Juli 2008 kemarin, perpisahan sekolahnya Diandra (riri). Kelas 4 sd adalah akhir dari pendidikan dasar (Grundschule), kemudian lanjut kelas 5 sudah dengan pembagian penjurusan.

Di Jerman sendiri sistem pendidikan dasar terbagi atas:
Grundschule (= SD), itu berlangsung selama 4 tahun, terhitung kelas 1, kelas 2, kelas 3 dan kelas 4. Kemudian penjurusan dilakukan berdasarkan nilai dan kemampuan si anak, dengan pengarahan/diskusi bersama guru wali kelas dan orang tua si anak.

Jenjang berikutnya adalah:
Gymnasium, sekolah umum. Anak-anak yang masuk ke Gymnasium adalah mereka dengan nilai yang Baik. Pada jalur ini, si anak nantinya bisa langsung melanjutkan ke jenjang Universitas. Untuk yang nilainya memenuhi persyaratan, dapat langsung masuk Gymnasium tanpa test.
Untuk anak dengan nilai pas pasan di perbatasan, tapi orang tua ingin memasukkan anaknya ke Gymnasium, dapat dilakukan Test dengan Psikolog, bentuknya adalah psikotest dan pelajaran (Mathematik & Deutsch/bhs Jerman). Jadi disini murni berdasarkan kemampuan si anak. Jadi orang tua dan anak sendiri bisa melihat dan membuktikan sendiri kemampuannya.
Realschule, jenjang sekolah kejuruan. Untuk anak yang nilainya tidak memenuhi persyaratan masuk Gymnasium, maka otomatis akan turun masuk ke jenjang Realschule. Disini anak-anak nantinya langsung diarahkan lebih banyak praktek. Misalkan menjadi ahli bangunan, taman, listrik, dll. Dengan melakukan magang juga di industri sekitar 3 tahun. Jalur ini nantinya dapat masuk ke Universitas juga, tapi dengan menambah pendidikan lagi selama 2 tahun, semacam penyesuaian, apabila nilainya memenuhi persyaratan.
Hauptschule, jenjang ini termasuk yang paling rendah. Karena untuk anak yang nilainya tidak memenuhi persyaratan masuk Gymnasium dan Realschule, otomatis akan masuk ke jenjang ini. Jenjang ini nantinya tidak dapat masuk ke jalur universitas.
Jadi, akhir Juli kemarin sebelum liburan Sommer, diadakan pesta perpisahan untuk anak- anak kelas 4. Di kelasnya Riri, pesta diadakan di dalam kelas bersama dengan orang tua murid dan guru, kemudian lanjut acara pesta perpisahan di Aula dengan Rektorin dan anak-anak kelas 4 lainnya (4A, 4B dan 4C).

Alhamdulillah Riri mulai Awal September ini sudah masuk Gymnasium. Ketemu juga dengan beberapa teman-teman kelas dan dari sekolahnya juga. Sekarang sudah mulai sekolah beneran nih, pagi sampe sore, naik Tram atau Sepeda. yang naik tram pada kumpul di halte jam 07.20, yang naik sepeda juga kumpul dekat halte jam 07.15. Asik juga halte pas depan rumah, praktis hehhee...

Nah ini dia cuplikan Foto Abschlussfeier di kelasnya Riri. Ada vocal, Dance, Modeshow, dll.



Nah, ini acara perpisahan di Aula, dengan Rektorin dan Guru serta orang tua murid dari kelas 4 lainnya. Masing-masing kelas 4 tampil dengan acaranya di panggung Aula.


Acara pelapasan balon dari masing masing kelas ;-)

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

<< Home