Tuesday, 11 November 2008
tentang asuransi...
Lagi pengen tahu perkembangan Asuransi di Indonesia sekarang spt apa? Coba baca baca search juga di paman google. Sudah makin banyak asuransi yang ditawarkan dari berbagai perusahaan dengan jenis jenisnya yang beraneka ragam dengan tawaran yang menarik juga.
Ada Allianz, Prudential, AXA Finacial, Axa Mandiri, Bumiputera, CIMB Niaga, dll. Hmm..Jadi yang mana donk yang cocok ??? yang pasti sih tergantung kebutuhannya ya.

Disini kesadaran dan kedisiplinan asuransi sih sudah jangan ditanya ya, hukumnya wajib kudu. Jadi ya lebih aman dan terjamin, terutama. Nah gimana di Indo, kerasa bangets kalo gak punya asuransi ya pastinya. Tapi berDoa supaya diparingi sehat yaa kita semua. Amin ;-)
Liburan kemarin ke Jakarta sempet juga ke dokter, karena penyesuaian udara dan makanan jadi sempet juga mampir bawa anak anak ke dokter. Duhhh yang namanya dokter sama obatnya bikin glek yaa...padahal itu berobat juga ditempat yang biasa.
Makanya, jadi bener bener mikir, kalo ntar insyaAllah pindah Indo, kudu bikin nih yang namanya asuransi kesehatan yaks...dah punya sih satu untuk pendidikan. tapi yang ini juga lebih penting ya.

Dulu aku sempet kerja di Asuransi Bumiputera sekitar 4 tahunan. Jaman dulu masih belum banyak saingan asuransi, dan bisa dibilang ok bangets untuk menawarkan produk asuransi. Temen dan saudara saudara ikutan juga. Karena punya pengalaman pernah jadi agen asuransi, pastinya lebih selektif juga ya...
Sempet lihat juga berbagai komen tentang dunia asuransi di web keluhan konsumen, segala macam plus minus tentang perasuransian ditulis disana.

Kesimpulanku dan kali aja bisa jadi sharing buat temen-temen yang jadi agen Asuransi juga terutama:
1. Perkenalkan dan jelaskan asuransi yang kita tawarkan, mulai dari perusahaan asuransinya sendiri sampai ke ragam produk yang ditawarkan. Jelaskan sejeles2nya apa adanya, jangan ditambah bumbu atau iming iming lain yaa...
2. Kalo sudah tahu siapa prospekan kita, siapkan dengan baik dalam map prospek, dan berikan yang terbaik dan yang cocok sesuai dengan kebutuhannya. Berikan info produk mana yang benar benar pas, jadi jangan hanya menjadi agen mencari/menawarkan produk yang bonusnya gede aja, tapi dipikirkan kebaikan nasabah untuk masa depannya. Kesuksesan sebuah perusahaan asuransi sebagian besar ada di dalam tangan si agen, berusahalah menjadi agen yang baik dan bertanggung jawab.
3. Terakhir dan yang sangat penting (karena tidak sedikit kasus seperti ini terjadi dan sering kita baca ulasannya); Kalo si agen mau mengundurkan diri alias keluar dari perusahaan asuransi, sebaiknya pamitan juga sama kliennya yang dulu masuk lewat dia, kalo perlu kenalkan dengan agen pengganti atau dengan siapa nanti kelanjutannya baik pembayaran ataupun klaim. Sehingga nasabah asuransi tidak kehilangan kontak mengenai lanjutan atau perkembangan asuransinya. Tentunya ini akan lebih baik dilakukan sejak awal oleh perusahaan, dalam penyeleksian agen ya ;-)

Labels:

1 Comments:

At 26 November 2008 at 16:20, Blogger NINARINA "RICH" said...

Riana, di perusahaanku kalau agennya keluar, perusahaan mengirim surat keseluruh nasabahnya. Menginformasikan bahwa agennya sudah tidak di Allianz lagi dan tanggung jawabnya berpindah ke leadernya, dikasi tau namanya & hp leadernya.

Asuransi rawat jalan di Indonesia juga ada, tapi itu optional, harus ambil main productnya dulu yaitu rawat inap

 

Post a Comment

<< Home